9 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Tanaman sirsak berasal dari hutan Amerika Selatan, Afrika,  dan Asia Tenggara. Tanaman ini berdaun hijau dan lebat yang berguna dan memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Buahnya sangat enak dan lezat dengan aroma yang sangat tajam dan rasa manis-asamnya merupakan kombinasi dari rasa nanas dan stroberi. Baru-baru ini, telah mendapat banyak perhatian dari beberapa ahli kesehatan dan menjadi populer karena sifat alaminya yang dapat membunuh sel kanker. Terlepas dari itu, ia juga memiliki beberapa manfaat kesehatan lainnya.

Bagian yang paling menguntungkan dari tanaman sirsak adalah daunnya, karena daun sirsak memiliki Acetoginin yang mengandung senyawa yaitu bulatacin, asimisin dan squamosin. Acetoginin bertindak sebagai Antifeedent. Dengan demikian, daun sirsak sering digunakan untuk bahan pembunuh serangga dan hama. Serangga dan hama akan mati ketika mengkonsumsi daun ini meskipun dalam jumlah kecil. Perlu kita ketahui bahwa daun sirsak dapat secara efektif menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker dalam tubuh. Selain itu, daun sirsak juga digunakan dalam pengobatan beberapa penyakit lainnya.

Manfaat Sehat Dari Daun Sirsak

Daun sirsak yang kaya akan senyawa organik termasuk protein, kalsium, fruktosa, lemak, vitamin A dan B dan sejenisnya. Dengan demikian , daun sirsak memiliki manfaat obat yang sangat baik sehingga dapat digunakan sebagai bahan campuran untuk berbagai macam produk kesehatan herbal. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang didapat dari daun sirsak.

1. Untuk mengobati kanker.
Daun sirsak dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh dan dapat menyembuhkan penyakit kanker lebih cepat dan efektif daripada kemoterapi yang memiliki beberapa efek samping selain mahal. Bahkan, suatu penelitian telah membuktikan bahwa sirsak memiliki bahan aktif 10000 kali lebih kuat dari kemoterapi dalam melawan sel-sel kanker. Dengan demikian , daun sirsak dapat mengobati berbagai jenis kanker termasuk prostat , paru-paru, dan kanker payudara. Untuk pengobatan, silahkan rebus daun sirsak 10 lembar kedalam 3 gelas air sampai tersisa hanya satu cangkir air saja, kemudian saring, lalu dinginkan dan minum ramuan ini secara rutin setiap pagi selama 3-4 minggu untuk mendapatkan kondisi yang lebih baik. Daun sirsak adalah salah satu cara pengobatan kanker yang paling ampuh sampai saat ini.

2. Mengobati sakit pada punggung.
Nyeri punggung sering dialami sebagian orang sekarang ini, terutama saat berolahraga. Mengkonsumsi obat-obatan kimia untuk sakit punggung dapat menyebabkan efek samping terhadap organ tubuh lainnya. Daun sirsak adalah solusi sebagai obat herbal yang efektif untuk mengobati nyeri punggung tanpa efek samping negatif. Untuk manfaatnya silahkan rebus 20 lembar daun sirsak dengan 5 gelas air sampai tersisa hanya 3 gelas air saja. Minum ¾ cangkir ramuan ini sekali dalam sehari untuk membantu proses penyembuhan.

3. Mengobati diabetes.
Batas kadar gula seseorang yang normal berkisar antara 70 mg sampai 120 mg. Nutrisi yang terkandung pada daun sirsak diyakini dapat menstabilkan kadar gula dalam darah menjadi normal. Selain itu, ekstrak daun sirsak dapat juga digunakan sebagai salah satu solusi alami untuk pengobatan penyakit diabetes.

4. Mengobati asam urat.
Mengkonsumsi daun sirsak secara rutin dapat membantu dalam mengobati penyakit asam urat. Bahkan , banyak obat-obatan alternatif yang menggunakan daun sirsak sebagai pengobatan asam urat secara tradisional. Untuk tujuan ini, silahkan ambil 6 sampai 10 lembar daun sirsak yang sudah tua tapi masih hijau dan cuci hingga bersih. Kemudian rebus kedalam 2 gelas air dan didihkan sampai tersisa hanya 1 cangkir air saja. Ramuan ini harus diminum dua kali sehari yaitu pagi dan sore, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

5. Mengobati eksim & rematik.
Penyakit rematik sering terjadi pada orang tua, hal ini menyebabkan rasa sakit yang begitu hebat. Daun sirsak adalah solusi pengobatan alami untuk sakit radang sendi. Untuk tujuan ini , tumbuk daun sirsak sampai halus dan oleskan pada bagian tubuh yang terasa nyeri akibat arthritis dan eksim, lakukan secara rutin dua kali sehari untuk proses penyembuhan.

6. Meningkatkan sistem imun dan mencegah infeksi.
Kandungan gizi yang terdapat didalam daun sirsak diyakini dapat membantu meningkatkan sistem imun dan mencegah infeksi di dalam tubuh. Caranya rebus 4 atau 5 daun sirsak dengan  4 gelas air sampai tersisa hanya 1 gelas air saja dan minum secara teratur sekali dalam sehari untuk hasil yang lebih baik.

7. Mengobati bisul.
Bisul adalah sejenis gangguan pada kulit yang ditandai dengan rasa nyeri yang sangat hebat dan bahkan memiliki risiko terkena infeksi. Hal ini dapat terjadi pada tubuh atau pada bagian wajah, sehingga mengganggu kesehatan kulit dan kecantikan seseorang. Daun sirsak adalah obat alami untuk menyembuhkan bisul. Ambil beberapa daun sirsak yang masih muda dan tempelkan pada tubuh yang terkena bisul.

8. Mencegah kutu rambut.
Daun sirsak memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan parasit, selain sifatnya sebagai obat penyakit lainnya. Dengan demikian, menempelkan rebusan daun sirsak pada rambut dapat membantu untuk menyingkirkan kutu rambut.

9. Manfaat lainnya.
Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, daun sirsak dipercaya sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan berbagai macam bakteri, virus, parasite, dan pertumbuhan tumor. Sifat penyembuh yang dimiliki, daun sirsak juga mampu digunakan sebagai obat anti – kejang, mengurangi demam, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati peradangan dan kaki bengkak, dan meningkatkan nafsu makan.  Mengkonsumsi daun sirsak secara teratur dapat membantu meningkatkan stamina dan mempercepat penyembuhan dari penyakit.

Itulah beberapa manfaat yang didapat dari mengkonsumsi daun sirsak secara rutin dan teratur. Karena kandungan gizinya yang tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh manusia, daun sirsak dipercaya sebagai salah satu solusi untuk penyembuhan berbagai penyakit ringan maupun berat. Selain itu juga sirsak banyak ditemukan sebagai bahan campuran pembuat obat-obatan untuk kesehatan tubuh manusia.